Senin, 25 Maret 2013

Possesif dan Cara Mengatasinya

Posesif merupakan masalah yang umum terjadi pada setiap pasangan. Tidak hanya Wanita yang selalu menjadi posesif, Pria pun memiliki potensi yang sama untuk menjadi posesif pada pasangannya. Namun sebaiknya Anda belajar menghindari sikap posesif itu, apalagi jika tingkatnya sudah parah, akan menyebabkan si Dia merasa tidak nyaman bersama Anda.

Arti posesif
Menurut Alexander Sriewijono yang merupakan seorang Psikolog menjelaskan, Posesif adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak aman dengan hubungan yang dijalani dan dirinya sendiri. Dia merasa tidak percaya diri dan sangat takut kalau seseorang yang lebih baik akan merebut pasangannya.

Penyebab posesif
Rasa cemburu yang berlebihan dan segala ketakutan kalau Ia tidak dicintai lagi oleh sang kekasih dapat menjadi penyebab munculnya sikap posesif tersebut. Karena ketakutan-ketakutan itulah yang memunculkan keraguan akan kesetiaan pasangannya yang membuatnya menjadi suka mengontrol.

Bukannya si Dia akan semakin dekat dengan Anda, malah akan menjauh karena merasa tidak nyaman dan terkekang dengan semua sikap serta cara Anda mengontrolnya dengan berlebihan. Hubungan asmara Anda pun terancam berakhir, karena sikap posesif adalah hal paling berpotensi menghancurkan sebuah hubungan.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti, trauma masa lalu juga dapat menjadi penyebab sikap posesif. Misalnya pernah diselingkuhi oleh mantannya di masa lalu dan ketika menjalani hubungan yang baru Ia takut hal buruk itu akan terulang kembali padanya karena rasa ketakutan dan juga trauma masih membayanginya.

Mengatasi sikap posesif
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi sikap posesif adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Mungkin Anda pernah dikecewakan dan dicampakkan pasangan terdahulu, atau pernah ada Wanita lain yang menyukainya kemudian merebutnya dari Anda. Setelah menemukan penyebabnya, segeralah intropeksi diri dan perlahan-lahan lepaskan diri Anda dari trauma masa lalu tersebut.

Cobalah belajar menghargai diri sendiri, dengan begitu Anda akan lebih percaya diri dan yakin bahwa si Dia mencintai Anda karena baginya Anda sangat special. Jadi anggaplah diri Anda istimewa dan selalu berfikir positif.

Selalu tergantung pada pasangan dan tidak bisa jauh-jauh dari pasangan merupakan beberapa ciri orang yang memiliki sikap posesif. Sebaiknya Anda lebih banyak meluangkan waktu untuk diri Anda. Misalnya mengajak beberapa teman Wanita nonton film di bioskop, belanja, mengobrol di café atau pergi ke spa bersama. Anda akan menyadari bahwa ada kehidupan yang bisa Anda nikmati selain selalu bersama dengan pasangan. Anda dan pasangan pun mendapatkan keuntungan, karena bisa menikmati waktu khusus untuk diri masing-masing.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang posesif?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar