Jumat, 10 Mei 2013

Arti Dari Penyesalan


Assalamualaikum..
Banyak orang berkata..”Penyesalan selalu datang terakhir”
Banyaknya kita mempersepsikan kata penyesalan merupakan sesuatu yang buruk.
Coba melihat Penyesalan dari perspektif yang lebih baik..(ada atau tidak?..pasti ada)
Penyesalan datang ketika seseorang berbuat, bertindak, bersikap atau bertuturkata yang berakibat sesuatu yang tidak menyenangkan..(kurang lebih begitu) baik itu akibatnya di rasakan orang lain atau bahkan diri sendiri.
Lalu pertanyaannya setelah datangnya penyesalan apa yang akan dilakukan????
Saya yakin anda pasti akan bilang “saya tak akan mengulanginya..”, atau “saya akan berbuat yang lebih baik..” kira-kira seperti itu..
Lalu saya berfikir bukan kah disitu letak kebaikannya(sisi positif).. dari penyesalan. Ketika orang menyadari kekeliruannya dan orang menyatakan penyesalannya maka dalam dirinya tertanam suatu tekad untuk berbuat yang lebih baik atau paling tidak tidak melakukan hal yang sama(pengalaman adalah guru terbaik)..bukan begitu???
Nah! seseorang lalu bertanya..:”kalau pernah melakukan kesalahan dan dia menyesal dan berkata ingin berbuat yang lebih baik, dan ternyata dia mengulangi kesalahan yang sama, apa arti dari penyesalan itu sendiri buat dia?”
(berfikir sejenak)
ehmmm..sesuatu usaha perlu perjuangan.. ketika memulai suatu proses itu bukan sasuatu yang mudah..kadang kala kita harus jatuh pada lubang yang sama..tapi bukan kah sebaiknya kita bisa lebih memberikan apresiasi yang baik..kita hargai usahanya dan berilah dukungan yang dibutuhkan..walau harus menelan pil pahit saat dia jatuh untuk kedua kalinya..Paling tidak..kita tahu kalau dia sebenarnya sudah mempelajari sebuah pengalaman dalam hidup/ilmu baru…Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar