Jumat, 10 Mei 2013

Kesungguhan Hati


Sebuah ilustrasi sederhana ini akan mengajak Sahabat sekalian untuk lebih jujur dan tulus dalam mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena berbekal dua hal itulah maka yang tersisa bagi kita adalah kebahagiaan. Bila tidak, maka akan seperti anak lelaki ini.
Seorang anak laki-laki dan perempuan sedang bermain bersama. Saat itu, si anak laki-laki mempunyai banyak koleksi kelereng dan si anak perempuan membawa permen kesukaannya. Si anak laki-laki berkata bahwa ia akan memberikan semua kelerengnya jika si anak perempuan juga setuju untuk memberikan semua permennya. Namun si anak laki-laki ini dengan curang menyimpan kelereng terbaiknya, sedang si anak perempuan memberikan semua tanpa terkecuali permen yang ia bawa, seperti yang sudah disetujui sebelumnya.
Ketika malam hari datang, si anak perempuan tidur dengan nyenyak, berbeda dengan si anak laki-laki. Ia tidak bisa tidur nyenyak karena curiga bahwa si anak perempuan tidak memberikan semua permen yang ia bawa dan tetap menyimpan permen terbaiknya.
Kisah sederhana ini sebenarnya sering terjadi dalam kehidupan kita. Namun seringkali hal-hal kecil ini hanya jadi kebiasaan tanpa kita sadari betapa besar dampaknya pada perilaku dan pola pikir kita.
Dalam berhubungan dengan orang lain, sebaiknya kita memberikan totalitas dan kesungguhan hati. Apa yang kita berikan dengan tulus, tentunya akan memberikan kebahagiaan yang berkualitas daripada sekedar kuantitas. Dengan begitu, kita akan merasa tenang dan tidak dihantui perasaan bersalah karena perilaku kita sendiri. Kita pun akan lebih menghargai dan belajar bersyukur dengan apa yang memang menjadi hak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar