Kamis, 02 Mei 2013

Aset Utama Dalam Hidup : Diri Sendiri


Kalau berbicara soal investasi keuangan, mungkin Anda mengenal Warren Buffet. Ia adalah seorang investor paling sukses di dunia. Strategi investasinya melegenda dan banyak orang berusaha untuk belajar darinya.
Yang lebih terhormat, ia berjanji memberikan 99 persen dari kekayaannya (lebih dari AS$30 miliar pada saat janji tahun 2006) untuk yayasan nirlaba, terutama untuk Yayasan Bill Gates.
Buffet sering bepergian ke universitas untuk memberikan kuliah umum dan memotivasi siswa. Berikut ini adalah salah satu pidatonya yang mengajarkan nilai dari tubuh kita, untuk berinvestasi dalam diri kita sendiri, dalam pendidikan untuk masa depan yang besar.
Bayangkan jika Jin menawarkan setiap mobil di dunia. Anda mengambilnya sebagai satu-satunya mobil yang pernah Anda akan miliki. Apa yang akan Anda lakukan?
Anda akan membaca sepuluh kali buku manualnya, mengganti oli dua kali sesering yang diperlukan, dan Anda akan mengurus jika mobil rewel sehingga mobil itu menjadi mobil impian Anda selamanya.
Pikirkan tentang tubuh Anda. Anda mendapatkan hanya satu pikiran dan satu tubuh – yang akan sama jika Anda miliki 20, 40, 60, dll tubuh.
Jaga mereka dan maksimalkan potensinya. Akan terlamabt bila merawat tubuh dan pikiran (dan mobil) di kemudian hari. Anda dapat mempertahankannya, tetapi sulit atau tidak mungkin membatalkan kesalahan atau kelalaian besar di kemudian hari. Anda tentunya tidak ingin berakhir dengan kecelakaan di tangan Anda.
Aset utama Anda dalam hidup adalah diri Anda sendiri.
Perlakukan diri Anda sebagai aset yang berharga. Jika Anda menghargai diri Anda, dan berinvestasi dalam diri Anda, Anda akan bernilai besar di seluruh hidup Anda, baik untuk diri sendiri maupun komunitas Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar