Selasa, 02 April 2013

Cara Menghargai Orang Lain

Semua manusia siapapun dia pasti ingin dihargai. Itu adalah fitrah alami yang dimiliki. Setiap orang ingin keberadaannya diakui oleh lingkungan sekitar. Untuk itu, dalam pergaulan di masyarakat kita harus saling menghargai. Banyak permasalahan timbul karena ada orang yang merasa tidak dihargai. Misalnya ada orang yang lewat tanpa permisi dan basa-basi bisa membuat orang yang berada di sekitarnya marah.
Salah satu cara menghargai orang lain adalah dengan meminta bantuan kepada mereka. Cara ini sangat bagus untuk membuat mereka merasa berharga. Apa alasannya?
1. Setiap orang perlu merasa dibutuhkan
Ada perasaan bangga dalam diri setiap manusia ketika seseorang meminta nasehat, saran atau bantuan kepada mereka. Perasaan dibutuhkan bisa meninggikan ego seseorang. Dia akan merasa lebih pintar, bijak dan mampu dalam bidang tertentu. Saat memberikan bantuan, mereka akan merasa lebih superior dan merasa diri menjadi orang yang berguna. Hal ini akan meningkatkan harga diri mereka.
Inilah yang harus kita lakukan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Hargailah mereka dengan meminta saran atau pendapat. Apalagi jika orang tersebut memang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidangnya. Seorang yang lebih tua akan merasa terhormat jika sekumpulan anak muda datang dan meminta nasehat dan bimbingan.
2. Setiap orang perlu tahu bahwa mereka membutuhkan orang lain
Tidak ada orang yang bisa sukses sendirian. Mereka pasti perlu orang lain untuk membantu meraih keberhasilan dalam hidup ini. Semua orang tak terkecuali orang kaya ataupun orang yang berkuasa pasti membutuhkan orang lain. Sukses akan lebih mudah dicapai jika kita bisa bekerjasama dengan orang lain yang juga ingin meraih sukses.
Kerjasama adalah salah satu cara untuk menghargai orang lain. Dengan bekerjasama, berarti kita mengakui bahwa kita membutuhkan orang lain. Perusahaan atau organisasi yang telah sukses dibangun bersama oleh para pekerja dan pimpinannya. Tak mungkin pemilik perusahaan bisa bekerja sendirian meskipun dia punya uang dan ilmu.
3. Setiap orang perlu tahu bahwa mereka sudah membantu
Menolong atau membantu orang lain adalah salah satu sifat dasar manusia. Pada dasarnya manusia suka membantu orang lain. Mereka akan merasa senang ketika orang yang dibantu berhasil. Hal ini berlaku di semua bidang kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat ataupun di perusahaan tempat bekerja.
Orang yang sudah membantu kita akan merasa sangat dihargai jika usahanya mendapat balasan meskipun hanya dengan ucapan terima kasih yang disertai dengan seulas senyuman. Di organisasi bisnis karyawan akan merasa senang jika usahanya untuk membantu perusahaan menjadi lebih maju dihargai dengan kenaikan gaji atau jabatan. Bisa juga berupa penghargaan karyawan teladan yang akan menjadi kebanggaan bagi mereka.
Kita perlu menghargai orang lain agar orang lain pun mau menghargai diri kita. Hidup saling menghargai dan saling berbagi akan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan terasa indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar