Kamis, 25 April 2013

Pilihan Dalam Hidup


Gemintang.com – Hidup adalah pilihan, anda tentu tahu itu. Jika kehidupan diibaratkan sebuah huruf, maka hidup akan berawal dari ‘B, birth (lahir) dan D, death (meninggal), tetapi diantara kedua huruf ‘B maupun D’, ada ‘C sebagai choice (pilihan).
Hidup senantiasa menawarkan pilihan, entah itu suatu hal yang menyakitkan ataupun membahagiakan, semuanya bukan tanpa konsekuensi. Apa yang anda pilih, itulah yang harus dipertanggung jawabkan. Entah di dunia ataupun di hari pembalasan kelak. Namun percayalah, bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pilihan itu. Begitu banyak pilihan dalam setiap aspek kehidupan. Bahkan ketika anda tidak memilih apapun, itu adalah pilihan juga. Itulah yang akan menentukan masa depan anda.
Pilihan bukanlah sesuatu yang bisa anda pilih begitu saja tanpa pertimbangan yang tepat. Jangan pernah menyesali apa yang telah menjadi pilihan dalam hidup anda, karena pilihan adalah apa yang harus anda jalani selanjutnya. Anda tidak bisa begitu saja mengulangi apa yang telah menjadi keputusan ataupun pilihan anda saat anda menyerah terhadap pilihan tersebut. Namun anda bisa belajar dan merubah hal itu agar tidak lagi terulang di masa mendatang.
Jangan menjadi seseorang yang selalu menghindar saat anda dihadapkan pada sebuah pilihan. Baik ataupun buruk, anda harus bisa memilih, karena itu yang akan menentukan jalan hidup anda selanjutnya. Jika anda menemukan kesulitan karena pilihan tersebut, bukankah itu baik ? Anda bisa belajar dan mengakui dengan berani bahwa anda memang telah salah dalam memilih dan tidak akan lagi terjatuh kedalam lubang yang sama. Karena tidak ada kata terlambat untuk membenahi diri, maka anda pun jangan pernah berhenti untuk bisa menjadi lebih baik lagi.
Alangkah indahnya jika ..
Memilih maaf daripada dendam, memilih cinta daripada benci, memilih taqwa daripada putus asa, memilih senyum daripada amarah, memilih syukur daripada kufur, dan memilih sabar daripada kesombongan.
Ada makna dalam setiap pilihan yang anda pilih. Pernahkah anda membayangkan, akan seperti apa anda saat ini ? Bagaimana seandainya dulu anda tidak pernah memilih untuk menjadi seperti saat ini ? Anda menyesal ? Sebaiknya tidak, karena begitu banyak pelajaran hidup yang akan anda terima selama kehidupan masih tetap berjalan.
Menentukan pilihan hidup, tidak akan semudah seperti yang dibayangkan. Anda tidak bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari sang pencipta. Sertakan Tuhan dalam setiap pilihan anda karena DIA akan membantu anda menemukan pilihan yang terbaik.
Seseorang yang terlihat menyedihkan, mengemis di sepanjang jalan dan meminta-minta. Seseorang yang selalu bangun pagi sebelum si empunya rumah terbangun, menyiapkan sarapan untuk majikannya dan memanjakan mereka. Seseorang yang harus mengorbankan kepentingan pribadinya demi merawat seseorang yang dicintainya. Seseorang yang mencari nafkah setiap harinya dari pagi sampai dengan malam hari. Seseorang yang tidak tahu betapa lelahnya hidup ini, hanya terus bersyukur atas segala yang telah ia terima. Bukankah semua itu adalah pilihan ?
“Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum mereka merubahnya”. Jika anda inginkan hal yang jauh lebih baik, maka berkacalah dari kesalahan di masa lalu dan mulailah memperbaikinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar