Kamis, 04 April 2013

Pendirian

Kamu akan sadar betapa pentingnya arti sebuah pendirian, ketika kamu telah mengalami suatu akibat karena tidak memilikinya ..
Ngga setiap orang punya pendirian (walaupun di bibir mereka bilang, mereka punya pendirian tapi nyatanya ketika dihadapkan pada suatu hal yang membingungkan, apakah kamu masih akan tetap bertahan dengan keyakinanmu? keyakinan yang telah kamu anut sebelumnya? apakah masih bisa bertahan jika mereka (orang-oranmg yang sangat berarti bagimu dan memiliki pengalaman lebih) tidak sepaham dengan keyakinanmu? masihkah kamu bertahan?
Pertanyaan yang sulit. palagi sepertinya yang banyak terjadi, mereka kemudian mengeluarkan kata-kata: Jika tidak sepaham, tanggung sendiri resikonya! hmm, kata-kata ini perlu dicermati. Karena sepaham ataupun tidak, resiko tetap akan ditanggung sendiri, karena untunt/rugi hanya diri kita sendirilah yang paling merasakan. jika pada akhirnya pendirianmu runtuh, kemudian ikut dengan mereka, dan ternyata mereka salah, siapa yang rugi?? tetap kita. Ditambah perasaan menyesal, kenapa dulu tidak bertahan dengan keyakinan sendiri? seandainya, seandainya, dan seandainya. Okee, semua rugi. Tapi kerugian kita juga kita yang paling merasakan. Karena mereka juga sibuk menanggung kerugian mereka sendiri.Hanya ada perasaan senasib, tapi selebihnya, masing-masinglah yang menanggung. Namun jika kita tetap bertahan dengan pendirian kita, dan salah? Rugi, jelas. Harus ditanggung sendiri, tapi setidaknya kita ikhlas karena itu merupakan resiko dari keyakinan yang kita pertahankan.
sebenarnya baik/buruk, untunt/rugi yang kita alami, apapun, hanya diri kitalah yang paling merasakan, hanya diri kitalah yang paling memikirkan diri kita, bukan orang lain. Sampai disini, terlihat jelas, betapa pentingnya bagi seseorang untuk memiliki sebuah pendirian yang teguh. Bagimanapun sebuah pendirian itu kita miliki berdasarkan pengalaman hidup yang telah kita rasakan selama ini. Karena pengalaman hidup tiap orang berbeda-beda, maka lahirlah pendirian yang berbeda-beda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar